Manajemen Pengetahuan dan Pembelajaran HAM (MaP2HAM)

Daftar Tajuk Subjek

Deskripsi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hukuman mati adalah hukuman yang dijalankan dengan membunuh (menembak, menggantung) orang yang bersalah.
Kategori
Umum
Subjek
Hak hidup ; Pidana mati
Deskripsi
Dalam Lembar Fakta PBB No. 29, Pembela HAM adalah istilah yang secara individual atau bersama-sama, melakukan tindakan untuk memajukan atau melindungi hak-hak asasi manusia. Sedangkan dalam European Union Guideline on Human Rights Defender menyebutkan bahwa Pembela HAM adalah para individu, kelompok dan organ masyarakat sipil yang memajukan dan melindungi hak asasi manusia dan kebebasan dasar yang diakui secara universal.
Kategori
Umum
Subjek
Pembela HAM ; Human rights defender
Deskripsi
Peristiwa 1965-1966 merupakan suatu peristiwa tragedi kemanusiaan yang menjadi lembaran sejarah hitam bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi sebagai akibat dari adanya kebijakan negara pada waktu itu untuk melakukan penumpasan terhadap para anggota dan pengikut Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dianggap telah melakukan tindakan perlawanan terhadap negara. Kebijakan negara yang diikuti dengan tindakan kekerasan terhadap warga negara yang dituduh sebagai anggota maupun simpatisan PKI pada waktu itu, dilakukan secara berlebihan dengan menggunakan cara-cara yang tidak menusiawi yang berdampak pada jatuhnya korban jiwa manusia baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka. Sesuai dengan laporan dari para korban maupun keluarga korban, pada Peristiwa 1965-1966, telah mengakibatkan terjadinya berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia antara lain pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa, perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara paksa, perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang, penyiksaan, perkosaan, penganiayaan (persekusi) dan penghilangan orang secara paksa. Selain itu, para korban maupun keluarga korban juga mengalami penderitaan mental (psikologis) secara turun-temurun yakni berupa adanya tindakan diskriminasi di bidang hak sipil dan politik, maupun di bidang hak ekonomi, sosial dan budaya.
Kategori
Umum
Subjek
Pelanggaran HAM yang berat ; Rekonsiliasi
Deskripsi
Peristiwa penembakan mistrius yang terjadi pada 1982-1985 yang mengakibatkan terjadinya pembunuhan di luar prosedur hukum (extra judicial killing), penyiksaan, dan penghilangan orang secara paksa, dikategorikan sebagai bentuk-bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang berat.
Kategori
Umum
Subjek
Pelanggaran HAM yang berat