Image of Hak azasi manusia dalam Islam

Book

Hak azasi manusia dalam Islam



Islam melarang orang menyakiti binatang. Hadis menyebut bahwa wanita yang mengikat kucing, tak memberinya makan dan tak melepaskannya mencari makanan, masuk neraka. Menyembelih binatang tidak boleh dengan pisau yang tumpul, tetapi harus dengan pisau yang tajam, agar binatang itu tidak menderita. Sewaktu Umar Ibn al-Khattab, khalifah kedua melihat seorang menyeret kambing dengan kasar untuk disembelih, ia menegur: "Celaka engkau, tariklah binatang itu dengan lemah lembut dalam menghadapi mautnya".
Demikian pula Abu Bakar, khalifah pertama, mengingatkan Usamah, panglima perangnya. Jangan berkhianat, jangan bersikap keras, jangan curang, jangan menyiksa dan membunuh anak, orang tua dan wanita. Jangan potong dan bakar pohon korma, jangan tebang pohon berbuah, dan jangan sembelih kambing, lembu dan onta, kecuali untuk dimakan".
Buku ini berhasil memberikan gambaran tentang hak-hak asasi manusia dalam Islam, yang memang berbeda dengan hak-hak asasi manusia yang dihasilkan pemikiran di luar agama, bukan dalam idenya saja, tetapi juga dalam filsafat yang mendasarinya.


Ketersediaan

000291INA I.07 Nasution/1995 (1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA I.07 Nasution/1995
Penerbit Pustaka Firdaus untuk Yayasan Obor Indonesia : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 273 p., index
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-8506-07-3
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this