Image of Jalan Baru Kepemimpinan dan Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disrupsi-Inovatif

Book

Jalan Baru Kepemimpinan dan Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disrupsi-Inovatif



Buku ini memaparkan upaya mengubah sistem pendidikan. Tujuannya adalah menjawab tantangan disrupsi-inovatif Revolusi Industri 4.0. Teknologi digital menjadi ekosistem inovasi dalam model platform yang mengubah bisnis berkat

orientasi ke kepuasan pengguna. Orientasi ini mendorong inovasi meskipun sering memicu disrupsi. Menghadapi disrupsi, model kepemimpinan harus berubah, bukan lagi bersifat hierarkis atau sentralistis, melainkan menjadi seperti

jejaring-simpul-jala ikan. Kepemimpinan seperti ini lebih lincah dan resilient menghadapi ketidakpastian. Perubahan model bisnis dan kepemimpinan itu menuntut keterampilan dan kompetensi baru yang fungsinya mendorong inovasi. Maka, sistem pendidikan harus berubah.

Perubahannya dimulai dengan pola pikir pendidik untuk menghadapi: (i) keterampilan era digital yang membutuhkan latihan, metode dan, komunikasi pembelajaran baru; (ii) materi pembelajaran yang lebih menekankan kreativitas; (iii) cara belajar generasi digital yang berbeda dengan generasi pendidik; (iv) perubahan strategi penempatan pembelajar: metode dan komunikasi pedagogi diarahkan ke kerja sama saling menguntungkan demi inovasi.

Tidak hanya itu, pendidikan karakter juga perlu diintegrasikan ke semua materi pembelajaran dan pelatihan. Tujuannya adalah untuk membentuk integritas pribadi, altruisme, jiwa kepemimpinan, kerja sama, dan sikap kritis. Dengan itu, pembelajar menjadi kritis, kreatif, dan melek media sehingga selektif terhadap informasi.

Buku Jalan Baru Kepemimpinan dan Pendidikan ini akan memberi kerangka bagi setiap orang yang menganggap dirinya sebagai pembelajar untuk menghadapi dua bahaya: (i) kecenderungan post-truth yang sarat hoax serta rentan memicu emosi sosial dan (ii) perkembangan radikalisme agama yang menyasar kalangan pembelajar.


Ketersediaan

9415INA VI.25 Har/2020Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA VI.25 Har/2020
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 213 halaman; 23 x 15 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020647395
Klasifikasi
INA VI.25
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this