Image of Konten Terbuka: Pedoman Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons

Electronic Resource

Konten Terbuka: Pedoman Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons



Creative Commons Indonesia (CCID) adalah salah satu dari afiliasi Creative Commons (CC) di 83 negara. CCID, dengan dukungan dari Wikimedia Indonesia dan Ford Foundation, menyebarluaskan penggunaan lisensi CC sebagai alternatif dari perlindungan hak cipta yang seringkali dianggap kaku dan menjadi kendala publik untuk menggunakan sebuah ciptaan khususnya dalam bentuk digital. Kami memulai inisiatif ini dengan menerjemahkan lisensi CC versi 3.0.
Lisensi CC terdiri atas tiga bentuk yang tidak terpisahkan: sebuah lisensi ringkas yang memuat ringkasan dari hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pihak ketiga, sebuah lisensi lengkap yang berisikan ketentuan lisensi sebagaimana sebuah perjanjian hukum, serta kode ‘metadata’ yang dapat dilekatkan dengan ciptaan digital. Keberadaan lisensi ringkas ditujukan untuk memudahkan pihak kedua, yaitu para pengguna ciptaan, untuk mengetahui batasan cara-cara penggunaan yang diperbolehkan sehingga mereka tidak melanggar hak cipta yang ada. Bagaimana dengan pemegang hak cipta yang ingin menggunakan lisensi CC, kepada siapa mereka harus bertanya?
Pertanyaan yang muncul dari pihak pertama, yang mana adalah pemegang hak cipta, sangatlah banyak. Bagaimana cara menggunakan lisensi CC? Siapa saja yang boleh menggunakan lisensi CC? Apa keuntungan yang bisa didapat? Pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan dapat terjawab di dalam pedoman ini.
Pedoman ini diterjemahkan ke Bahasa Indonesia agar dapat lebih mudah dimengerti oleh pengguna dan calon pengguna lisensi CC di Indonesia, dan juga pengguna dan calon pengguna ciptaan berlisensi CC. Pada akhirnya, kami berharap pemanfaatan lisensi CC dapat membuka akses yang sebesar-besarnya kepada pengetahuan untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Koleksi tersedia dalam bentuk elektronik. Jika membutuhkan, dapat menghubungi pustakawan melalui email perpustakaan[at]komnasham.go.id dan/atau perpustakaankomnasham[at]gmail.com atau dengan mengisi formulir di tautan berikut: s.id/kolek


Ketersediaan

E00115INA VI.40Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA VI.40
Penerbit Perkumpulan Wikimedia Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 halaman; 19 MB.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9783940785572
Klasifikasi
INA VI.40
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
E-book / PDF
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Konten Terbuka: Pedoman Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commonsid



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this