Image of Outlook Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia 2020

Electronic Resource

Outlook Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia 2020



Jaminan hukum untuk Hak untuk Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan (KBB) di Indonesia telah mengalami kemajuan amat penting sejak demokratisasi dimulai pada 1998. Meskipun demikian, beberapa bagian kerangka hukum yang bermasalah sejak awal, perkembangan baru dalam perumusan undang-undang maupun regulasi, serta penanganan negara atas isu-isu terkait
membuat kondisi KBB di Indonesia sulit maju, jika tidak mundur. Memasuki tahun 2020, dan menandai awal Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, ada beberapa catatan penting yang dapat dikemukakan untuk memajukan KBB.

Outlook ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, sebagai pengamatan umum, ada catatan mengenai terjadinya peningkatan dan perluasan pelanggaran hak KBB dalam beberapa bentuknya. Bagianbagian berikutnya menggarisbawahi dua tren utama yang penting diperhatikan pemerintah pada tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya. Yaitu politik pengutamaan atas dasar agama, yang mengarah pada diskriminasi, dan makin kuatnya pendekatan keamanan dalam politik agama secara umum, khususnya terkait jaminan KBB.


Ketersediaan

E00109INA IV.10Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA IV.10
Penerbit YLBHI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
10 halaman; 766 KB.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
INA IV.10
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
PDF / E-book
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this