Image of Pengantar Ilmu Hukum Adat Indonesia

Book

Pengantar Ilmu Hukum Adat Indonesia



Maksud dan tujuan diterbitkannya buku ini adalah untuk dapat memberikan bahan pegangan bagi para mahasiswa yang baru mulai mempelajari hukum adat di perguruan tinggi, di samping menambah kepustakaan hukum adat di Indonesia.
Oleh karena sifatnya hanya sebagai pengantar, maka uraiannya tidak mendalam. Pada umumnya ia hanya merupakan ikhtisar dari buku-buku hukum adat karangan penulis yang sudah terbit. Ia hanya menguraikan beberapa pengertian hukum adat, tentang corak dan sistemnya, latar belakang sejarah, keadaan masyarakat hukum adat di berbagai daerah, beberapa bagian dari ilmu hukum adat, dan hukum adat sebagai ilmu pengetahuan serta metode penelitian sekedarnya.
Dicantumkannya metode penelitian dimaksudkan untuk menggugah para mahasiswa agar tidak hanya terpaku pada bahan-bahan yang dipelajari dari kepustakaan, melainkan berusaha melihat kenyataan yang berlaku sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat, oleh karena hukum adat itu tidak sebagaimana hukum perundangan yang tetap dan pasti, melainkan dapat bergeser dan berubah sebagaimana kehidupan masyarakat itu sendiri.


Ketersediaan

8785INA II.31 Hadikusuma/2014Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA II.31 Hadikusuma/2014
Penerbit CV. Mandar Maju : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xv, 268 halaman; 21 x 15 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789795384335
Klasifikasi
INA II.31
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Edisi Revisi
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this