Image of Konflik Poso: Suara Perempuan dan Anak Menuju Rekonsiliasi Ingatan

Book

Konflik Poso: Suara Perempuan dan Anak Menuju Rekonsiliasi Ingatan



Hidup tidak pernah sama lagi sejak peristiwa konflik di Poso terjadi. Kenyataan ini dialami seluruh masyarakat Poso saat ini. Peristiwa di bulan Desember 1998 menjadi awal dari perubahan tatanan kehidupan masyarakat Poso secara drastis. Para perempuan, laki-laki dewasa, orang tua, remaja, anak-anak, lanjut usia, segala usia dari segala lapisan dan latar belakang, tanpa terkecuali, terseret, dipaksa masuk dalam tepian dan pusaran konflik kekerasan berdarah yang berkepanjangan. Sebagian dipaksa terlibat untuk sekadar bertahan atau untuk menyerang demi mempertahankan diri.
Banyak tulisan tentang Poso. Namun, narasi tulisan-tulisan itu hampir selalu "milik laki-laki". Sedikit sekali ruang artikulasi bagi perempuan dan anak-anak. Sistem telah menyingkirkan mereka dari ruang bicara.
Padahal, membicarakan kekerasan atas perempuan dan anak-anak adalah upaya mengangkat narasi kesenyapan mereka. Buku ini mengalirkan semangat betapa ingatan-ingatan perempuan dan anak-anak mampu menggambarkan konstruksi identitas sebuah komunitas sosial pasca konflik Poso. Dalam hal inilah mereka menjadi ruang bagi rekonsiliasi ingatan.


Ketersediaan

8762INA VII.18 Gogali/2009Perpustakaan Komnas HAMTersedia
8844INA VII.18 Gogali/2009Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA VII.18 Gogali/2009
Penerbit Galangpress : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
208 halaman; 23 x 15 cm; bergambar.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786028174121
Klasifikasi
INA VII.18
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this