Image of Inklusi, Eksklusi dan Perubahan Agraria: Redistribusi Tanah di Indonesia

Book

Inklusi, Eksklusi dan Perubahan Agraria: Redistribusi Tanah di Indonesia



Buku ini mempertanyakan ulang sistem kepemilikan privat/individual yang dinilai sebagai bentuk kepemilikan yang tepat dalam proses redistribusi.
Buku ini dihasilkan dari penelitian di dua situs masyarakat (tani hutan) pertanian campuran di pedalaman yang ada di Jawa (Garut) dan Sumatera (Lampung Barat). Di dua situs itu apa yang disebut kawasan hutan negara telah dibagi-bagikan kepada para petani penggarap setelah reformasi politik 1998.
Premis teori evolusi hak tanah menegaskan bahwa kepemilikan tanah individual akan menyelesaikan masalah kepastian hak atas tanah, meningkatkan investasi pertanian produktif, memperbesar akses kredit dan sebagainya. Premis itu terbukti benar hanya pada beberapa rumah tangga petani di dua kampung yang dikaji, yaitu pada rumah tangga petani kaya, mereka termasuk golongan tuan tanah dan terutama pemilik tanah absentee yang tinggal di kota. Bagi mereka yang termasuk kelas sosial ekonomi bawah, yaitu rumah tangga yang hampir tidak bertanah dan beberapa rumah tangga petani kelas tengahan, maka terjadilah proses kehilangan tanah bagi mereka hanya beberapa tahun setelah tanah diredistribusikan.


Ketersediaan

8697INA I.83.02 Sirait/2017Perpustakaan Komnas HAMSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2019-09-18)

Informasi Detil

Judul Seri
Seri Disertasi Agraria
No. Panggil
INA I.83.02 Sirait/2017
Penerbit STPN : Sleman.,
Deskripsi Fisik
xli, 256 halaman; 23 x 15 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786027894399
Klasifikasi
INA I.83.02
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this