Image of Musso: Si Merah di Simpang Republik

Book

Musso: Si Merah di Simpang Republik



BANYAK orang yang mengenalnya sebagai tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam pemberontakan 1926 dan 1948. Pertama aksi PKI menentang pemerintahan colonial Belanda. Kedua, gerakan PKI di Madiun, Jawa Timur, melawan Pemerintah Pusat.
Dialah Musso, anak kediri yang ketika kecil dikenal rajin mengaji. Mendapat pendidikan politik keyika indekos di rumah H.O.S. Tjokroaminoto, sepak terjangnya di masa - masa awal kemerdekaan tidak bisa diremehkan. Peran politik Musso bisa disejajarkan dengan peran Sukarno, Hatta, Sjahrir dan Tan Malaka.
Ia bermimpi tentang negeri yang adil, setara dan merdeka seratus persen. Namun, ia memilih jalan radikal - bersimpang jalan dengan kalangan non - komunis, bahkan juga kalangan kiri yang tidak segaris, hingga akhirnya lumat dalam gerakan yang masih berupa benih.
Kisah tentang Musso ini adalah satu cerita tentang "orang kiri Indonesia" yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo pada kurun waktu tiga tahun (2007 - 2010). Menyingkap yang belum terungkap, buku ini mengetengahkan pemikiran, ketakutan, kekecewaan, pengkhianatan, juga kisah cinta dan perselingkuhan sejumlah tokoh komunis Indonesia, kala itu.


Ketersediaan

8383INA 0.920 Musso/2015Perpustakaan Komnas HAMSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2017-06-29)

Informasi Detil

Judul Seri
Seri Buku Tempo: Orang Kiri Indonesia
No. Panggil
INA 0.920 Musso/2015
Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 147 p.; 16 x 23 cm; index
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789799109194
Klasifikasi
INA 0.920
Tipe Isi
text-graphic
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this