Image of Ensiklopedia Kretek

Book

Ensiklopedia Kretek



Ensiklopedia Kretek mendokumentasikan peristiwa-peristiwa, istilah-istilah, dan proses-proses kerja serta pengaturan sejak zaman kolonial hingga era mutakhir. Selain dapat menjelaskan pelbaggai dinamika sosial, ekonomi dan politik secara besar, buku ini mengangkat khasanah dan pengetahuan lokal. Mencerminkan 'gerak-zaman' dalam ruang dan waktu semasa serta, secara bersamaan, memberi konteks dan pembayangan yang menggambarkan 'gerak-sejarah' tentang perjalanan sebuah negara-bangsa, yang kita kenal kemudian sebagai Indonesia.

Kretek adalah benda budaya yang memiliki kekhususan kultural dan historis, bertumpu pada kemandirian dan kreativitas anak bangsa, bertumpu pada kemandirian dan kreativitas anak bangsa, hingga menjadi produk unggulan Nusantara. Ia bersinggungan dengan praktik dan kebiasaan orang Asia Tenggara dan Melanesia yang mengunyah buah pinang dan daun sirih selama ribuan tahun. Temuan kretek pada pengujung abad ke-19 menjelaskan sejumlah proses adaptif dan, seiring itu pula, membawa perlawanan dalam semangat berdikari terhadap tatanan kolonial dan rezim kepengaturan yang telah mapan.

Kali pertama disusun di Indonesia dalam dokumentasi yang ensiklopedis-buku tentang sigaret yang paling menguntungkan di dunia ini dapat mengantarkan pada pembaca tentang arti penting kretek, di luar hal lain, sebagai komoditas yang menyatukan pelbagai ragam sejarah, budaya, etnis dan agama, dari ujung barat pulau Sumatera hingga ujung selatan Papua, menjadikannya sumber inspirasi dan warisan budaya dari kekayaan (ekonomi) Indonesia.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA 0.30 Salam/2014
Penerbit Indonesia Berdikari : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxi, 223 halaman; 25 x 17 cm; bergambar.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786027167414
Klasifikasi
INA 0.30
Tipe Isi
text-graphic
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this