Image of Kajian MP3EI dalam Perspektif Hak Asasi Manusia

Book

Kajian MP3EI dalam Perspektif Hak Asasi Manusia



Selama ini, pembanguanan diukur semata dengan angka pertumbuhan ekonomi. Ukuran keberhasilan pembangunan dengan hanya mengacu pada pertumbuhan ekonomi semata mengandung banyak kelemahan karena mengabaikan keadilan distribusi pendapatan sehingga menghasilkan kesenjangan yang besar antara yang kaya dan yang miskin. Berbagai dampak buruk pembangunan berorientasi pertumbuhan tersebut mendorong munculnya pemikiran baru untuk mengoreksi definisi pembangunan.

Pemikiran baru pembangunan memunculkan definisi pembangunan yang berpusat pada manusia sebagaimana dirumuskan dalam konsep pembangunan berbasis hak asasi manusia. Dalam perspektif hak asas manusia, pembangunan dimaknai sebagai "berpusat pada manusia, partisipatif, dan memperhatikan lingkungan". Meskipun pertumbuhan ekonomi tetap dibutuhkan, akan tetapi proses pembangunan juga harus menjamin distribusi yang merata, peningkatan kemampuan manusia, dan ditujukan untuk memperbanyak pilihan-pilihan bagi mereka.

Saat ini, upaya untuk memajukan pendekatan hak asasi manusia dalam proses pembangunan baru pada pengembangan konsep di atas kertas ketimbang pelaksanaan. Oleh karena itu, harus ada upaya dan komitmen bersama untuk mengubah secara mendasar paradigma pembangunan. Kajian MP3EI dari perspektif hak asasi manusia ini merupakan upaya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam rangka meminta komitmen penyelenggara negara untuk menjadikan pembangunan Indonesia berbasis hak asasi manusia. Upaya ini juga merupakan langkah yang harus dilakukan secara terus-menerus untuk menjaga agar pembangunan Indonesia menjadikan hak asasi manusia sebagai perspektif utama dan dasar serta tujuan pembangunan.


Ketersediaan

8127INA V.100 Kajian/2014Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA V.100 Kajian/2014
Penerbit Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 126 halaman; 22 x 16 cm; ilustrasi.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789792614510
Klasifikasi
INA V.100
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Kajian MP3EI dalam Perspektif Hak Asasi Manusiaid
Kajian MP3EI dalam Perspektif Hak Asasi Manusiaid



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this