Image of Bunga-Bunga di Atas Padas: Fenomena Pekerja Rumah Tangga Anak di Indonesia

Book

Bunga-Bunga di Atas Padas: Fenomena Pekerja Rumah Tangga Anak di Indonesia



Berdasarkan hasil survei ILO yang diadakan tahun 2003, diperkirakan ada sekitar 2,6 juta PRT di Indonesia, di mana hampir 700.000 di antaranya adalah anak-anak yang masih berusia di bawah 18 tahun. Angka ini adalah jauh lebih besar dari angka perkiraan 152.000 PRTA yang dibuat oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2001.

Ada banyak masalah yang dihadapi oleh PRT, khususnya PRTA, di tempat kerja. Mereka sering diharuskan melakukan pekerjaan berat dalam kondisi yang eksploitatif. Sehingga banyak di antaranya yang terabaikan hak-hak asasinya sebagai pekerja serta tidak memiliki akses untuk memperoleh pendidikan maupun bentuk-bentuk pendidikan lain untuk mengembangkan diri mereka.

Sejak tahun 2002, program ILO ditujukan bagi para PRTA di Indonesia, telah berupaya mencari cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Dalam program ini, telah dilakukan berbagai macam kegiatan, termasuk program kegiatan percontohan di Tambun, Bekasi, dan di Pamulang, Tangerang, guna mendukung peraturan-peraturan yang memberi perlindungan bagi PRT, termasuk libur minimal satu hari seminggu, serta meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga swadaya masyarakat, termasuk LSM perempuan dan lembaga-lembaga berbasis agama, guna mengatasi masalah pekerja anak, serta menyediakan layanan advokasi dan melakukan kampanye melalui berbagai media.

Buku yang diberi judul "Bunga-Bunga di Atas Padas" ini menggambarkan tentang realita anak-anak yang bekerja sebagai PRT yang rawan terhadap eksploitasi dan tak terpenuhi hak-haknya sebagai anak. Nasib PRTA tidak ubahnya dengan bunga-bunga yang tumbuh di atas padas, gersang, meranggas dan bila dibiarkan akan layu sebelum berkembang. Namun kondisinya akan sebaliknya bila bunga itu hidup di tempat yang subur dan dirawat dengan baik. Begitu juga PRTA bila diberi kesempatan dan lingkungan yang kondusif mereka akan tumbuh optimal dan memiliki masa depan yang lebih baik. Buku ini dimaksudkan untuk menyajikan data dan informasi terbaru tentang nasib yang dialami oleh PRTA. Buku ini juga menganalisa kompleksitas dan besarnya masalah PRTA di Indonesia, serta mencari beberapa intervensi dan program yang dapat membantu mereka.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Program Internasional Penghapusan Pekerja Anak
No. Panggil
INA VII.33 Bunga/2004
Penerbit International Labour Organization (ILO) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 202 p.; 23 x 15 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
92-2-815131--5
Klasifikasi
INA VII.33
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this