Image of Putusan Mahkamah Konstitusi: Analisis terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Tahun 2003 - 2011

Book

Putusan Mahkamah Konstitusi: Analisis terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Tahun 2003 - 2011



Buku ini berupaya menelaah beberapa putusan Mahkamah Konstitusi dari tahun 2003 hingga 2011 dengan menggunakan sudut pandang hukum dan ekonomi. Ada dua tulisan dalam sudut pandang hukum, yakni yang pertama ditulis oleh Denico Doly dengan judul “Analisis Yuridis Putusan Mahkamah Konstitusi tentang Pengajuan Judical Review terhadap Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran”. Sementara tulisan kedua tentang “Analisa Putusan Mahkamah Konstitusi atas Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perseroan (Pengujian UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas)” ditulis oleh Trias Palupi Kurnianingrum.

Tulisan ketiga dan keempat melihat putusan MK dari sisi ekonomi. Tulisan ketiga ditulis oleh Sahat Aditua Fandhitya Silalahi “Dampak Ekonomi Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap UU No.22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi”. Tulisan keempat dengan judul “Perkembangan Investasi di Indonesia dan Dampak Ekonomi Sebelum dan Sesudah Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap Undang-Undang No.25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Dengan Penanaman Modal Langsung (Direct Investment)”.

Dari berbagai tulisan tersebut dapat dilihat bahwa Putusan MK membawa dampak positif maupun negative terhadap berbagai pemangku kepentingan yang menggunakan berbagai peraturan perundang-undangan yang ditelaah tersebut. Oleh karena itu dalam putusannya MK sebaiknya tidak hanya melihat substansi dari segi hukum saja, akan tetapi perlu melihat dampak yang diakibatkan dari Putusan MK tersebut dari berbagai sisi seperti sisi ekonomi, sosiologis, dan politik.


Ketersediaan

7677INA II.32.02 Putusan / 2011Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA II.32.02 Putusan / 2011
Penerbit Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 107 halaman : ilustrasi ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8722-28-5
Klasifikasi
INA II.32.02
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this