Image of Kajian Sosio-Legal

Book

Kajian Sosio-Legal



Proyek “the Building Blocks lor the Rule of Law” (Bahan-bahan pemikiran tentang Pengembangan Rule 01 Law/Negara Hukum) diprakarsai oleh Universitas Leiden dan Universitas Groningen dari Belanda, serta Universitas Indonesia. Proyek ini dimulai pada Januari 2009 dan sesuai jadual akan diakhiri pada September 2012. Keseluruhan rangkaian kegiatan daIam proyek ini terselenggara berkat dukungan finansial dari the Indonesia Facility, diimplementasikan oleh NL Agency, untuk dan atas nama Kementerian Belanda untuk Urusan Eropa dan Kerjasama Intemasional (Dutch Ministry of European Affairs and International Cooperation).

Tujuan jangka panjang dari proyek ini adalah memperkuat ikhtiar pengembangan negara hukum (rule oflaw) Indonesia, membantu Indonesia mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan memajukan pembangunan ekonomi (economic development) dan keadilan sosial (social justice).

Sejak awal proyek dirancang rangkaian pelatihan terinci yang mencakup bidang-bidang telaahan hukum perburuhan, hukum pidana, hukum keperdataan dan studi sosio-legal. Sebagai perwujudan rencana tersebut antara Januari 2010 dan Juli 2011, tigabelas Iokakarya yang mencakup bidang-bidang kajian di atas diselenggarakan di sejumlah lokasi berbeda di Indonesia. Lokakarya-lokakarya demikian melibatkan pengajar-pengajar hukum terkemuka, baik dari Universitas Leiden dan Groningen maupun dari lakultas-Iakultas hukum di Indonesia. Peserta lokakarya adalah stal pengajar dari kurang lebih delapan puluh fakultas hukum dari universitas-universitas di seluruh Indonesia. Proyek ini akan dituntaskan dengan penyeIenggaraan pada pertengahan 2012 konferensi intemasional di Universitas Indonesia.

Rangkaian buku pegangan dengan judul ‘Building Blocks for the Rule of Law’ yang merupakan kumpulan tulisan dari para instruktur dari pihak Belanda dan Indonesia serta masukan-masukan berharga dari peserta kursus merupakan hasil konkret dari proyek tersebut di atas.


Isi buku:
Bab 1. Memperkenalkan kajian sosio-legal dan implikasi metodologisnya
Bab 2. Aras hukum oriental
Bab 3. Suatu pendekatan elementer terhadap Negara hukum
Bab 4. Sebuah kerangka analisis untuk penelitian empiris dalam bidang akses terhadap keadilan
Bab 5. Kepastian hukum yang nyata di Negara berkembang
Bab 6. Pluralisme hukum dalam perspektif global
Bab 7. Penggunaan teori pembentukan legislasi dalam rangka perbaikan kualitas hukum dan proyek-proyek pembangunan
Bab 8. Shopping forums: Pengadilan Tata Usaha Negara Indonesia


Ketersediaan

7900INA II.30.01 Kajian / 2012Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Seri Unsur-Unsur Penyusun Bangunan Negara Hukum
No. Panggil
INA II.30.01 Kajian / 2012
Penerbit Pustaka Larasan : Denpasar, Bali.,
Deskripsi Fisik
xiv, 246 halaman : ilustrasi ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3790-95-4
Klasifikasi
INA II.30.01
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this