Image of Islam di Ruang Publik: Politik Identitas dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia

Book

Islam di Ruang Publik: Politik Identitas dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia



Dalam ruang publik yang semakin demokratis di Indonesia saat ini, simbol-simbol Islam justru hadir lebih menonjol. Islam tampil dengan berbagai ekspresi dan orientasinya. Di luar wajah ideologis dan politis, Islam mewarnai ruang public lewat simbol-simbol kultural: jilbab, sinetron, sinema, karya sastra, dan buku-buku islami. Ekspansi Islam seiring dengan proses demokratisasi sekilas tampak paradoksal. Namun bila dicermati, menonjolnya simbol-simbol identitas Islam justru dimungkinkan oleh demokrasi itu sendiri.

Temuan riset ini malahan memberikan sinyal positif bahwa kehadiran yang menonjol dari simbol-simbol Islam di ruang publik akhir-akhir ini bukanlah ancaman bagi demokrasi dan masa depan pluralisme Indonesia. Pasalnya 80.1% Muslim di negeri ini cenderung moderat, kultural dan pluralis dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dinamika sosial dan ekonomi modern, meskipun tantangan datang bertubi dari kalangan yang berorientasi Islamis – ideologis yang mencapai 19.9%. Karena itu penguatan kapasitas aktor-aktor sosial dan politik dalam mengembangkan budaya demokrasi di Indonesia merupakan kunci bagi pelestarian wajah Islam yang moderat dan inklusif di masa depan.

Isi buku:
Bab I Pendahuluan
Bab II Deskripsi temuan riset
Bab III Dinamisme dan kontestasi Islam di ruang public
Bab IV Islam dan demokrasi: Menegosiasikan masa depan Indonesia
Bab V Penutup


Ketersediaan

7682GEN 0.297 Islam / 2011Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
GEN 0.297 Islam / 2011
Penerbit Center for Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah J : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 185 halaman : ilustrasi ; 22 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3531-30-4
Klasifikasi
GEN 0.297
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this