Image of Quran Menurut Perempuan: Membaca Kembali Kitab Suci dengan Semangat Keadilan

Book

Quran Menurut Perempuan: Membaca Kembali Kitab Suci dengan Semangat Keadilan



Perempuan dan laki-laki hanyalah kategori spesies manusia. Keduanya dikarunia potensi yang sama atau sederajat, dari ihwal penciptaan, keberpasangan, hingga balasan yang kelak mereka terima di akhirat. Satu-satunya nilai pembeda di antara keduanya adalah takwa, yang paling tepat dipahami dalam kerangka sikap dan perbuatan. Itulah yang ditegaskan Alquran, rujukan dari segala rujukan keislaman.
Namun, seiring dengan tergantikannya pperan sentral Alquran oleh tafsir-tafsir yang nyaris semuanya ditulis laki-laki, perempuan terus terkekang dalam pandangan dan kehendak masyarakat yang berpusat pada laki-laki. Akibatnya, partisipasi perempuan dalam masyarakat dan pengakuan akan pentingnya sumberdaya mereka tak kunjung meningkat.
Buku ini berupaya menghidupkan Alquran dalam laju perkembangan peradaban dan mengembalikannya sebagai kekuatan pengubah dunia. Lewat analisis rincinya atas teks dan kata-kata kunci Alquran, Amina Wadud menentang penggunaan teks dan kata-kata itu untuk membatasi peran publik dan privat perempuan, terlebih untuk membenarkan kekerasan terhadap mereka.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
GEN 0.297 Wadud/2006
Penerbit Serambi : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
232 p.; 20 x 13 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-16-0084-8
Klasifikasi
GEN 0.297
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this