Image of Rural Talks: Ikhtiar Memahami Transformasi Sosial-Ekonomi Masyarakat Desa

Book

Rural Talks: Ikhtiar Memahami Transformasi Sosial-Ekonomi Masyarakat Desa



Bagi kebanyakan orang, desa senantiasa romantikanya tersendiri. Namun di balik itu semua desa dan rakyat yang bekerja di pedesaan, desa juga mempunyai permasalahan-permasalahan tersendiri yang mana permasalahan tersebut lahir dari produk kota, bahkan kota nun jauh di seberang lautan.
Berbagai permasalahan yang melingkupi pedesaan meliputi permasalahan agraria, hak-hak petani, nelayan dan masyarakat adat, pangan, kemiskinan, dan lain-lain yang sesungguhnya menunjukan bahwa penduduk desa memiliki kerentanan, rentan terhadap gejolak ekonomi dan politik, benturan budaya, ekspansi modal, perubahan iklim, dan lain-lain yang mengakibatkan penduduk desa menjadi korban konflik agrarian, kekerasan politik, kemiskinan struktural dan berbagai bentuk ketidakadilan sosial.
Sebagai solusi, munculah ide tentang pembaruan desa yang mana ide tersebut memiliki ruang artikulasi dalam momentum pembahasan RUU Desa di DPR. Tetapi di tengah cara berpikir hukum yang sektoral akankah RUU Desa akan menjawab persoalan administratif pertanahan di desa? Akankah RUU Desa akan membuahkan kebijakan perlindungan khusus bagi rakyat di desa selaku subyek pembaruan agraria, produsen pangan, kelompok rentan di pedesaan? Bagaimana status desa yang di wilayah kehutanan dan pertambangan? Bagaimana posisi tanah adat?


Ketersediaan

6819INA II.61 Rural/2013Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA II.61 Rural/2013
Penerbit Indonesia Human Rights Committee For Social Justice (IHCS) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
viii, 305 hlm. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-19514-2-2
Klasifikasi
INA II.61
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this