Image of Politik Lokal di Indonesia

Book

Politik Lokal di Indonesia



Selama puluhan tahun satu-satunya ilmuwan sosial yang mengunjungi provinsi-provinsi Indonesia hanyalah para antropolog. Siapa pun yang tertarik pada politik atau ekonomi terutama hanya berkutat di Jakarta, pusat dari segala macam aksi. Pandangan kita mengenai negeri terbesar nomor empat di dunia itu terancam menjadi simplistis dan kurang memiliki bobot nyata. Kemudian, pada tahun 1998, Indonesia terpuruk ke dalam sebuah kritis yang tidak dapat dipahami dengan peranti-peranti yang simplistis.
Setelah masa 32 tahun yang diwarnai dengan stabilitas yang dipaksakan, Orde Baru tamat riwayatnya. Di provinsi-provinsi mulai terjadi hal-hal yang tidak siap dihadapi oleh siapa pun. Salah satunya adalah demokratisasi; contoh lain adalah desentralisasi. Bangkitlah identitas-identitas etnis dan religius yang sebelum itu terkubur di balik ideologi modernisasi Orde Baru. Bentuk kompetisi politis yang kadang-kadang diwarnai kekerasan dan bentuk pencarian untung mulai tampak dengan gamblang.
Desentralisasi sering dikaitkan dengan keinginan neo-liberal untuk mengurangi kekuasaan negara dan memberikan ruang bagi perdagangan bebas dan demokrasi. Sejauh mana tujuan-tujuan good governance dan masyarakat sipil yang lebih kuat tercapai? Berapa banyak dari proses itu yang dimanfaatkan oleh para elit daerah untuk memperkuat kekuasaan mereka sendiri? Di tengah-tengah politik identitas baru itu, apa yang terjadi pada kewarganegaraan? Ini termasuk di antara pertanyaan-pertanyaan sentral yang diketengahkan oleh buku ini.
Buku bunga rampai adalah buah dari proyek penelitian dua tahun di KITLV. Penelitian itu mengerahkan sebuah kelompok internasional yang terdiri atas 24 peneliti-terutama dari Indonesia dan Belanda, dan juga dari Amerika Serikat, Australia, Jerman, Kanada, dan Portugal.


Ketersediaan

7358aINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
7358bINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM Sumatera BaratTersedia
7358cINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM Kalimantan BaratTersedia
7358dINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM Sulawesi TengahTersedia
7358eINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM MalukuTersedia
7358fINA I.20 Politik/2007KANTOR PERWAKILAN KOMNAS HAM PapuaTersedia
7358INA I.20 Politik/2007Perpustakaan Komnas HAM (INA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
INA I.20 Politik/2007
Penerbit Yayasan Obor Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 706 p.; 25 x 16 cm; ill.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-461-615-4
Klasifikasi
INA I.20
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this