Image of Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan

Book

Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan



Tolok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif). Adapun pengertian evaluasi meliputi keduanya.
Buku ini dihadirkan untuk membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar-mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, target atau tujuan pembelajaran akan diperoleh.

Daftar Isi
Bab 1 PENDAHULUAN
1. Pengertian Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
2. Penilaian Pendidikan
3. Mengapa Menilai?
4. Tujuan atau Fungsi Penilaian
5. Ciri-Ciri Penilaian dalam Pendidikan
Bab 2 Subjek dan sasaran Evaluasi
1. Subjek Evaluasi
2. Sasaran Evaluasi
Bab 3 PRINSIP DAN ALAT EVALUASI
1. Prinsip Evaluasi
2. Alat Evaluasi
Bab 4 MASALAH TES
1. Pengertian
2. Persyaratan tes
3. Ciri-Ciri Tes yang Baik
Bab 5 VALIDITAS
1. Macam -Macam Validitas
2. Cara menbetahuai Validitas Alat Ukur
3. Validitas Butir Soalatau Validitas Item
4. Tes Terstandar Sebagai Kriterium dalam Menentukan Validitas
5. Validitas Faktor
Bab 6 REALIBILITAS
1. Arti Reabilitas Bagi Sebuah Tes
2. Cara-Cara Mencari Besarnya Realibilitas
Bab 7 TAKSONOMI
1.arti dan aLetak Taksonomi dalam Pendidikan
2. Taksonomi Bloom
Bab 8 TUJUAN INTRUKSIOLANAL
1. Bermacam-Macam Tujuan Pendidkan
2. Tujuan Instruksional(Intructional Objectives
3. Merumuskan Tujuan Intruksional
4. Langkah-Langakah yang Dilakukan dalam Merumuskan Tujuan Intruksioanal Khusus
5. Tingkah Laku Akhir
6. Kata-Kata operasioanal
7. Kondisi Demonstrasi
Bab 9 TES STANDAR DAN TES BUATAN GURU
1. Pengertian Tes Standar
2. Tes Prestasi Standar
3. Perbandingan Antara Tes Standar dengan Tes Buatan Guru
4. Kegunaan Tes Standar
5. Kegunaaan Tes Buatan
6. Kelengkapan Tes Standar
Bab 10 PENYUSUSNAN TES
1. Funsi Tes
2. Langakah-Langkah dalam Penyusunan Tes 3. Komponen-Komponen Tes
Bab 11 TES TERTULIS UNTUK PRESTASI BELAJAR
1. Bentuk-Bentuk Tes
2. Macam-Macam Tes Objektif
3. Pengukuran Ranah Afektif
4. Pengkuran Ranah Psikomotor
Bab 12 TABEL SPESIFIKASI
1. Fungsi Tabel Spesifikasi
2. Langakah-Langakah Pembuatan
3. Tidak Lnajut Sesudah Penyususnan Tabel Spesifikasi
Bab 13 MENGANALISISS HASIL TES
1. Menilai Tes yang Dibuat Sendiri
2. Analisis Butir Soal(Item Analysis)
Bab 14 MENSKOR DAN MENILAI
1. Menskor
2. Perbedaan Antara Skor dan Nilai
3. Norm ReferenceddanCriterion Referenced
Bab 15 MENGOLAH NILAI
1. Beberapa Skala Penilaian
2. Distribusi Nilai
3. Standar Nilai
Bab 16 KEDUDUKAN SISWA DALAM KELOMPOK
1. Pengertian
2. Cara-Cara Menentukan Kedududkan Siswa
Bab 17 MENCARI NILAI AKHIR
1. Fungsi Nilai Akhir
2. Faktor-Faktor yang turut Diperhitungkan dalam Penilaian
3. Cara Menentukan Nilai Akhir
Bab 18 MEMBUAT LAPORAN
1. Pentingnya Laporan
2. Macam dan Cara Membuat Laporan
Bab 19 EVALUASI PROGRAM PENGAJARAN
1. Apakah Evaluasi Program Itu?
2. Mengapa Guru Perlu Melakukan Evaluasi Program
3. Objek atau Sasaran Evaluasi Program
4. Bagaimana Cara Melakukan Evaluasi
KEPUSTAKAAN


Ketersediaan

6903GEN O.370 Arikunto/2010Perpustakaan Komnas HAM (GEN)Tersedia
8439GEN O.370 Arikunto/2010Perpustakaan Komnas HAM (GEN)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
GEN O.370 Arikunto/2010
Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 308 hlm. ; 20,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-526-467-2
Klasifikasi
GEN O.370
Tipe Isi
text-graphic
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi Revisi
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this