Image of Kekerasan Simbolik di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu, Dominasi Kelas dan Kapitalisasi Gaya Baru Melalui Buku Pelajaran

Book

Kekerasan Simbolik di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu, Dominasi Kelas dan Kapitalisasi Gaya Baru Melalui Buku Pelajaran



Buku ini menggambarkan berbagai bentuk kekerasan simbolik yang terjadi di sekolah. Bourdieu, seorang sosiolog Prancis meyakini bahwa sekolah merupakan tempat yang paling tepat untuk menyuburkan terjadinya praktek-praktek kekerasan simbolik ini. Kekerasan simbolik bukanlah kekerasan fisik maupun psikologis. Bila kedua bentuk kekerasan ini wujudnya dapat dengan mudah dikenali, maka kekerasan simbolik sangat sulit dikenali. Namun, kekerasan ini akan terjadi setiap saat, tanpa disadari. Keberadaan kekerasan ini bahkan sering kali dianggap sebagai gejalayang sangat wajar, sehingga sebagian besar orang akan menerima begitu saja, mereka seolah-olah bersedia menempatkan diri mereka sebagai sebagai korban kekerasan simbolik dengan lapang dada, mereka rela menjadi objek dan korban kekerasan.
Buku ini menjelaskan mengenai apa itu kekerasan simbolik, mengapa kekerasan simbolik dapat dilakukan dengan mudah di sekolah, dan bagaimana mekanisme terjadinya kekerasan simbolik di sekolah. Selain itu, buku ini juga mengupas strategi kelompok kapitalis dalam menyebarkan sayap kekuasaannya di sekolah melalui mekanisme kekerasan ini. Buku ini direkomendasikan bagi mahasiswa, guru, atau pengajar yang lain, serta pemerhati masalah pendidikan.


Ketersediaan

7101GEN O.370 Martono/2012Perpustakaan Komnas HAM (GEN)Tersedia
7287GEN O.370 Martono/2012Perpustakaan Komnas HAM (GEN)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
GEN O.370 Martono/2012
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxviii, 240 hlm. ; 23,5 cm. ; ill.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-769-472-2
Klasifikasi
GEN O.370
Tipe Isi
text-graphic
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Cetakan 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this