Image of Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia

Book

Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia



Rencana Aksi Hak-hak Asasi Manusia Indonesia (1998-2003) turut menegaskan betapa penting dan strategisnya posisi pendidikan dalam mewujudkan hak-hak asasi manusia (United Nations, 2000).
Buku ini merupakan laporan hasil penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum dalam rangka Rencana Aksi hak-hak Asasi manusia Indonesia.
Tujuan umumnya, demi meningkatkan kesadaran, pengakuan, penghargaan, perlindungan dan pemajuan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan nyata sehari-hari.
Sasaran penelitiannya terfokus pada kurikulumn, garis-garis besar program pengajaran/GBPP dan buku-buku pelajaran pada jajaran pendidikan formal dari TK,SD, SM sampai Perguruan Tinggi.
Hasil dari analisis isi (content analysis), distudibanding dengan peraturan perundang-undangan, termasuk UUD 1945 dan Tap MPR serta Konveksi Internasional mengenai hak-hak asasi manusia Dikritisi sejauh mana dimensi-dimensi hak asasi manusia terakomodasi di dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia
Kesimpulan yang diambil antara lain yakni tujuan pendidikan hak asasi manusia gagal dicapai selama masa rewim orde baru yang otoriter dan sentralistik.Disebabkan karena kurikulum tentang HAM tidak merujuk dokumen-dokumen bertaraf Internasional yang relevan – HAM- sebagai ranah afektif diperlakukan sebagai ranah kognitif- kegagalan ikut disumbang oleh kenyataan hidup yang dialami, disaksikan dan didengar para peserta didik di dalam masyarakat.
Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh para pendidik, birokrasi, mahasiswa, orang tua serta masyarakat pada umumnya. Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia.


Ketersediaan

002997INA VI.91 Tilaar/2001 (1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
GEN VI.15 Tilaar/2010
Penerbit Yayasan Hak Asasi Manusia, Demokrasi dan Supremasi : Bandung.,
Deskripsi Fisik
lxvi, 156 p.; 21 x 15 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-414-329-4
Klasifikasi
GEN VI.15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this