Image of Stigma 65: Stratega Mengajukan Gugatan Class Action

Book

Stigma 65: Stratega Mengajukan Gugatan Class Action



Tragedi G30S/PKI sampai saat ini masih tetap misteri dan perdebatannya mungkin tidak akan pernah selesai seperti halnya peristiwa penculikan Perdana Menteri Syahrir, matinya Tan Malaka, Madiun Affair, DI/TII, dan lain-lain. Laporan korban pembantaiannya pun beragam dari 150.000 orang hingga lebih 1 juta orang, tapi saya sendiri menggunakan angka minimum otoritatif yang diakui Laksamana Soedomo selaku Pangkopkamtib bahwa lebih dari 500.000 orang dibantai (Adnan Buyung Nasution, Aspirasi Pemerintahan Konstitusional di Indonesia, Pustaka Utama Grafiti, 1995).

Buku ini tidak lagi membicarakan perdebatan tersebut melainkan menggambarkan perjuangan dari sekitar 20 juta orang keluarga korban yang mendapat stigma negatif dan mengalami kerugian konkret sepanjang hidupnya dalam hak-hak asasinya, baik ekonomi, sosial, politik, maupun budaya. Mereka yang kini telah tua renta sampai kepada anak cucunya masih terus harus menderita karena belum juga mendapatkan kembali harkat dan martabat mereka sebagai warga negara.

Buku ini perlu dibaca oleh semua kalangan sebagai referensi dalam mengambil hikmah pengalaman empiris bangsa kita untuk menegakkan hak-hak asasi dan hak-hak warga negara Republik Indonesia tercinta.

Prof. DR. Adnan Buyung Nasution
Pendiri LBH/YLBHI, Advokat Senior dan Guru Besar Hukum Tata Negara


Ketersediaan

8546INA II.37.01 Stigma/2011Perpustakaan Komnas HAMTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
INA II.37.01 Stigma/2011
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxii, 310 halaman; 21 x 15 cm; bergambar.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789794617908
Klasifikasi
INA II.37.01
Content Type
text
Media Type
unmediated
Carrier Type
volume
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this